Luntur menjadi musuh utama para ibu ketika sedang mencuci baju. Bisa dikatakan bahwa luntur merupakan noda bandel yang susah untuk dihilangkan. Karenanya banyak ibu-ibu yang mencoba mencari cara menghilangkan luntur di baju menggunakan beragam bahan. Dimulai dari bahan alami sampai deterjen sekalipun.

Pada Baju Putih

Cara menghilangkan luntur di baju yang pertama adalah apabila luntur tersebut terjadi pada baju yang memiliki warna putih. Karena noda luntur dinilai paling susah hilang apabila terjadi pada baju yang memiliki warna putih. Salah sedikit saja dalam mencuci, malah bisa merusak serat pakaian. Karenanya harus dilakukan dengan benar. Berikut caranya :

1. Menggunakan Cuka

Untuk cara yang pertama ini sepertinya sudah sering digunakan, karena metode yang paling digemari dan juga mudah untuk dilakukan. Namun jangan langsung menggosokkan cuka ke atas pakaian karena justru bisa merusaknya. Campurkan dulu cuka dengan seember air, dan kucek pakaian disitu lalu siram menggunakan air hangat.

2. Meneteskan Cairan Belimbing Wuluh

Kalau lunturan yang ada pada baju putih masih sedikit, maka cairan belimbing wuluh bisa menjadi penolong yang tepat. Jadi sebelum mencuci, pada area yang terdapat noda lunturan tetesi saja dengan cairan belimbing wuluh. Lalu siram atau bilas dengan air.

3. Menggunakan Vetsin

Memang cara yang satu ini terdengar sangat unik dan bahkan tidak biasa sama sekali. Tapi ternyata cara ini terbukti ampuh dan juga mudah untuk dilakukan. Caranya hanya tinggal mencampurkan vetsin ke deterjen dengan perbandingan 2:3. Rendam pakaian selama 30 menit, diamkan, kucek, dan bilas setelahnya.

4. Memanfaatkan Air Jeruk Nipis

Kandungan asam dalam air jeruk nipis dinilai efektif dalam menghilangkan noda lunturan. Caranya juga mudah, hanya tinggal meneteskan air jeruk nipis pada bagian yang terkena lunturan. Kucek baju lalu bilas dengan air bersih.

READ  Tips Dan Cara Membuat Desain Baju Korsa Universitas

Baju Berwarna

Selain baju putih, noda lunturan juga bisa memberikan bencana apabila terjadi pada baju berwarna. Misalkan saja pada jersey futsal printing sablon sublime yang dibuat dengan tinta yang jelek dan maka rawan terjadi luntur juga. Karena tentu akan merusak tampilan dan juga serat kain yang dimiliki. Sehingga selain mencari cara untuk menghilangkan lunturan pada baju putih, banyak juga orang yang mencari cara untuk menghilangkan lunturan pada baju berwarna. Berikut diantaranya :

1. Menggunakan Hairspray

Pertama bisa menggunakan hairspray kalau baju berwarna yang dimiliki terkena lunturan noda tinta. Cara pakainya cukup mudah hanya tinggal menyemprot hairspray pada bagian noda, lalu diamkan terlebih dahulu 10 menit. Nantinya gunakan handuk atau kain untuk menyerap noda yang ada.

2. Menggunakan Bedak Bayi

Lain lagi caranya kalau misalkan baju berwarna kelunturan minyak. Pengguna hanya membutuhkan bedak bayi, atau tepung juga boleh. Caranya lap terlebih dahulu noda minyak menggunakan tisu atau kain, lalu tuang bedak bayi di atasnya. Setelahnya diamkan selama satu jam, baru bilas lalu tuangkan sabun cuci piring dan sedikit air dan cuci seperti biasa.

3. Memanfaatkan Air Dingin

Kalau kelunturan noda kopi, maka manfaatkan air dingin dan juga sabun cuci piring cair. Caranya campur air dingin dengan sabun pencuci piring lalu teteskan pada bagian yang terkena noda. Setelahnya gosok pakaian dengan lembut, untuk perlahan menghilangkan noda yang ada.

4. Memakai Soda Kue

Soda kue juga merupakan bahan yang efektif menghilangkan lunturan dan juga noda bekas ketiak di baju. Caranya sangat mudah, hanya tinggal mencampurkan setengah cup soda kue dengan setengah cup cuka, dan garam sebanyak satu sendok teh. Lalu rendam baju pada larutan tersebut.

Jadi ternyata banyak sekali cara menghilangkan luntur di baju baik itu pada baju putih maupun untuk baju berwarna. Sehingga pengguna tidak perlu lagi merasa kebingungan saat ingin menghilangkan noda yang satu ini.