Sebuah diet yang tepat dan dipadukan dengan olahraga dapat memberi Anda keberhasilan dalam menurunkan berat badan. Salah satu aktivitas olahraga yang dapat Anda lakukan adalah berjalan cepat, karena latihan aerobik ini sangat baik untuk membakar lemak. Sayangnya, ketika cuaca sedang baik dan banyak orang pergi berjalan-jalan, jarang yang memanfaatkannya untuk berjalan cepat. Perhatikan dan pelajari uraian di bawah ini.

Cara Menurunkan Berat Badan

1 Berlatih secara rutin dan melakukan diet yang masuk akal

Tubuh yang ramping adalah impian semua orang. Anda bisa mendapatkannya dengan dua cara yaitu melakukan diet dan olahraga. Selain membatasi porsi makanan dengan ketat, Anda tetap harus memberi tubuh Anda nutrisi yang tepat dan dibutuhkan oleh tubuh. Untuk membakar lemak, Anda bisa melakukan latihan aerobik, sedangkan jika ingin membentuk otot, Anda bisa melakukan latihan beban.

2 Latihan Aerobik dengan berjalan cepat

Selain tidak berbahaya, berjalan cepat juga murah dan dapat dilakukan oleh semua orang. Saat pertama kali melakukannya, Anda bisa berjalan selama sekitar 10 menit yang dilakukan satu atau dua kali sehari agar tubuh dan sistem kardiovaskular Anda terbiasa dengan aktivitas ini. Lakukan kegiatan ini sebanyak lima atau enam kali dalam seminggu. Jika sudah terbiasa, Anda bisa meningkatkan intensitas latihan Anda dengan perlahan-lahan.

3 Pilihlah lokasi yang aman

Jika cuaca memungkinkan Anda dapat berjalan cepat di luar rumah, tetapi jangan melakukannya di tempat yang gelap dan rawan kejahatan. Anda juga bisa melakukannya di mal, pusat kebugaran atau di rumah. Anda bisa mendapatkan video-video tutorial tentang berjalan cepat di dalam rumah yang sekarang banyak tersedia di internet.

4 Lakukan secara bertahap

Pertama kali berjalanlah dengan intensitas yang ringan dan secara bertahap tingkatkan intensitas dan waktunya sampai Anda bisa melakukannya selama 60 menit dalam sehari, sebanyak lima sampai enam hari dalam seminggu. Setelah Anda bisa mencapai 60 menit, tingkatkan kecepatan berjalan Anda secara bertahap sampai pernapasan sedikit memburu dan jantung berdenyut lebih cepat. Jika Anda merasa nyeri, kehabisan napas atau pusing, segara kurangi kecepatan Anda. Aktivitas tersebut akan sangat membantu upaya Anda dalam menurunkan berat badan.

READ  Kandungan dari Ekstrak Bawang Putih yang Wajib untuk Dipelajar!

5 Pelajari cara berjalan cepat dengan benar

Dalam 15 menit Anda harus menempuh jarak sebesar 1 mil (1,6 km) dan itu berarti Anda harus mengatur kecepatan berjalan Anda sekitar 4 mil/jam (6,4 km/jam). Jika Anda sudah terbiasa, Anda bisa meningkatkan kecepatan dan menempuh jarak 1,6 km dalam waktu 12 sampai 14 menit. Ada dua hal penting yang akan Anda dapatkan dari aktivitas ini, yaitu tubuh yang bugar dan turunnya berat badan, karena aktivitas ini dapat membakar kalori dan lemak dengan efektif. Menjalani diet saja tanpa melakukan olahraga ternyata tidak cukup untuk menurunkan berat badan dengan sehat.

6 Lakukan pemanasan dan pendiginan

Pemanasan dan pendinginan merupakan bagian yang penting dalam setiap latihan aerobik. Lakukan pemanasan dengan berjalan santai sekitar 5 sampai 10 menit sebelum mulai berjalan cepat yang akan berlangsung selama sekitar 60 menit itu. Setelah aktivitas berjalan cepat berakhir, Anda harus melakukan pendinginan dengan berjalan perlahan selama sekitar 5 menit.

Berikut adalah tips cara menurunkan berat badan dengan tepat adalah lakukan pola 80% Nutrisi dan 20% olahraga, Nutrisi disini adalah asupan makanan yang yang lengkap dan takaran pas untuk memenuhi kebutuhan tubuh

Diet yang tepat dan ditunjang dengan latihan aerobik seperti jalan cepat akan sangat membantu usaha Anda untuk menurunkan berat badan. Anda harus selalu memperhatikan tiga faktor penting dalam melakukan jalan cepat. Ketiganya adalah frekuensi (lakukan sedikitnya lima hari dalam seminggu), durasi (berjalan cepat sekitar 60 menit setiap kali melakukannya) dan intensitas (kecepatan berjalan Anda). Jangan melangkahkan kaki terlalu lebar karena berjalan cepat harus dilakukan dengan langkah pendek. Hindari penggunaan dumbbell atau beban yang dilekatkan pada kaki karena bisa menyebabkan Anda cedera.