Memiliki halaman rumah yang luas dan mempunyai taman memang merupakan dambaan hati bagi setiap pemilik rumah. Dan pastinya mempunyai rumput yang indah, namun dalam merawat rumput pastinya akan sangat melelahkan. Pastikan anda memiliki mesin porong rumput yang baik dan tahan lama agar dapat meringankan pekerjaan anda. Berikut ini adalah cara merawat mesin potong rumput.

Cara merawat mesin potong rumput

1. Mengganti oli dan bensin

Pastikan bahwa mesin potong rumput memiliki bensin yang terisi sebelum menggunakanya. Untuk merawat mesin potong rumput agar lebih tahan lama ini anda harus sering mengganti oli secara teratur. Dan pastikan bahwa mesin anda cocok dengan oli yang anda gunakan.s

2. Memanaskan mesin

Sebelum mesin di gunakan pastikan bahwa anda sudah memanaskan mesin terlebih dahulu, untuk mencegah terjadinya kemacetan pada saat proses pemotongan berlangsung. jangan lupa menjauhkan busi dari mesin busi karena itu dapat menyebabkan mesin menyala tiba tiba.

3. Mengganti saringan udara

Mengganti saringan udara ini juga penting dilakukan secara teratur, karena mesin dengan saringan udara yang sudah terlalu kotor dapat menyebabkan mesin terhambat dan cara kerja mesin menjadi tidak maksimal.

4. Busi yang sesuai mesin

Jangan sembarangan menggunakan suku cadang pada mesin. Karena suku cadang merupakan sebuah komponen utama dari mesin, khususnya dalam pemilihan busi. Gunakan busi yang sesuai dengan mesin, pilih busi yang memiliki pemakaian dalam jangka panjang. Dan yang terpenting jangan lupa untuk membersihkanya secara rutin.

5. Senar pada mesin

Sama dengan hal yang lainya anda juga harus memerhatikan senar pada mesin dan menggantinya secara rutin

READ  Manga Bertema Musim Semi Terbaik

6. Gunakan mesin dengan baik

Selain perawatan yang perlu kita perhatikan, mesin potong rumput ini juga perlu di gunakan dengan baik dan benar. Jangan sampai anda ceroboh dalam menggunakanya dan jangan gunakan mesin secara paksa dengan terus menerus bekerja.

7. Pisau pemotong standar

Pemilihan pada pisau yang benar ini juga dapat membuat mesin anda dapat lebih awet dan tahan lama. Karena ukuran pisau yang tidak sesuai dengan mesin dapat membuat cara kerja mesin menjadi tidak maksimal. Sebaiknya gunakan mata pisau dengan ukuran standar yang sesuai dengan spesifikasi.

8. Bensin yang terjaga

Sebisa mungkin anda menjaga besin anda agar selalu dalam keadaan baik, bila bensin pada mesin anda telah tercampur dengan air akan membuat mesin anda menjadi tidak tahan lama.

9. Hindari pada anak anak

Ini adalah mesin yang sangat berbahaya terhadap anak anak, usahakan jangan melibatkan anak anak dalam melakukan proses pemotongan rumput menggunakan mesin ini.

10. Penyimpanan yang aman

Penyimpanan mesin ini juga menjadi faktor utama dalam merawat mesin agar lebih tahan lama. Simpan mesin potong rumput ini pada tempat yang aman, jauhkan dari jangkauan anak anak, hindari dari sumber api agar tidak terbakar, simpan di tempat yang teduh supaya tidak terkena cahaya matahari secara langsung dan tidsk terkena hujan

Demikian cara merawat mesin potong rumput. Semoga dapat menambah wawasan kita semua.