Bawang putih memiliki banyak sekali manfaat yaitu sebagai bumbu dapur dan sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia. Bawang putih dijadikan sebagai rempah rempah yang sangat dibutuhkan oleh untuk keperluan memasak. Namun bawang putih ini memiliki cara untuk dibubidayakan. Berikut ini adalah cara praktis budidaya bawang putih.

Cara Praktis Budidaya Bawang Putih

Bawang putih ini termasuk kedalam keluarga Liiliaceae, Bawang ini memiliki rasa yang khas sehingga sangat mempengaruhi rasa makanan. Sehingga bila masakkan yang dimasukkan bawang putih makanan apapun akan terasa sedap. Ini lah manfaat yang dimiliki bawang putih sehingga membuat para konsumen selalu mencarinya.

1. Menyiapkan Lahan

Hal utama dalam budidaya bawang merah ini adalah menyiapkan lahan. Bawang putih ini menyukai tanah yang memiliki tekstur lempung berpasir dan gembur dengan pH 5,5-7. Cara menanam bawang putih yaitu dengan membuat lubang jarak 4 inch dan kedalaman 2 inch.

Letakkan bawang putih dengan akar yang menghadap menghadap kebawah, dan bagian atas menghadap ke atas. Setelah itu tutup lubang dengan tanah, dan berilah pupuk dan ditepuk secara perlahan.

2. Menyiapkan Bibit Bawang Putih

Budidaya bawang putih yang tidak boleh ketinggalan adalah dengan menyiapkan bibit bawang. Anda bisa menggunakan buah bawang putih sebagai bibit. Alangkah indahnya bila anda membeli buah bawang putih yang akan dijadikan sebagai bibit di toko tanaman yang menjual varietas.

Bila anda membeli bawang putih dipasar, bawang yang berada dipasar biasanya bukan berasal dari indonesia dan apabila ditanam di tanah indoneisa akan tidak cocok dan sulit ditanam, dan biasanya para pedagang menambahkan bahan kimia agar bawang lebih tahan lama.

3. Perawatan Bawang Putih

Hal yang perlu diperhatikan dalam membudidayakan bawang putih adalah anda harus selalu merawat bawang putih agar menghasilkan bawang yang lebih berkualitas. Anda harus merawat bawang dengan memberikan air secara teratur yakni 3 sampai 4 hari. Setelah bawang putih mulai muncul bunga maka anda dapat memotongnya. agar dapat membuat bawang putih bisa tumbuh besar.

READ  Cara Merawat Mesin Potong Rumput

Anda juga harus merawat bawang putih dengan memberikan pupuk secara teratur. Anda bisa menggunakan pupuk organik dan pupuk non organik. Gunakan pupuk nitrogen yang biasa digunakan setiap 3 kali pertumbuhan. Lakukan pemangkasan terhadap tanaman liar yang dapat merusak proses pertumbuhan pada bawang putih.

4. Cara Panen Bawang Putih

Anda harus memahami tnaman yang siap panen. Waktu yang dibutuhkan untuk siap panen adalah sekitar 90 – 120 hari. Tanaman bawang yang siap panen akan memberikan tanda dengan daun yang kekuningan dan mulai mati.

Dan pada saat panen anda juga tidak boleh terlambat, karena hasil umi akan mengecil dan menghasilkan rasa yang tidak sedap tentunya ini adalah hasil yang sangat tidak memuaskan. Setelah proses panen sebaiknya anda mengeringkan bawang selama dua minggu.

Demikian cara praktis budidaya bawang putih. Semoga dapat menambah wawasan kita semua.