Pintu rumah merupakan akses masuk utama ke rumah ataupun ke ruangan-ruangan yang ada di rumah Anda. Secara visual, pintu merupakan objek yang sering diamatk karena tiap memasuki rumah atau ruangan-ruangan di rumah, seseorang tentunya harus melewati pintu terlebih dahulu. Untuk itu desain pintu rumah hendaknya sinkron dengan desain rumah. Selain itu banyak faktor lainya dalam merencanakan pintu seperti faktor keamanan, kekuatan dan keawetan. Bagi Anda yang bingung bagaimana cara merencakan pintu yang tepat untuk rumah Anda, Anda bisa terus menyimak ulasan berikut tentang tips memilih desain pintu yang tepat untuk rumah Anda.

Desain Pintu

Memilih desain dan konsep untuk pintu memang tidak mudah, hal ini dikarenakn prefensi estetika setiap orang berbeda-beda. Namun, berikut ini adalah benerapa tips dalam menentukan desain pintu rumah Anda.

Desain pintu harus sinkron dengan desain rumah. Misalnya Anda bisa memilih pintu simple tapi elegan untuk rumah minimalis. Alternatif lainya adalah dengan menggunakan pintu geser atau pintu sliding. Untuk rumah berukuran besar seperti rumah dengan gaya mediterania, penggunaan pintu klasik dengan kusen rolagh merupakan pilihan yang lazim digunakan.

Pemilihan frame juga harus diselaraskan dengan desain rumah. Hal ini dikarenakan frame merupakan bagian yang nantinya akan menyatu dengan tembok rumah, sehingga akan susah jika ingin melakukan pengaturan ulang.

Banyak hal lain lagi yang perlu diperhatikan untuk menambah estetika dari pintu. Pemilihan handle yang sesuai dengan gaya pintu maupun rumah kunci, atau pun slot pintu.

Kekuatan Pintu

Perhatikan ini! Engsel memiliki peran penting dalam menahan dan menyalurkan beban dari struktur daun pintu. Selain beban dari daun pintu engsel juga menahan beban aktivitas serta beban ekternal lain seperti cuaca (misalkan terpaan angin). Sehingga memilih jenis engsel yang tepat serta berapa jumlah engsel yang diperlukan untuk pintu Anda. Misalkan untuk sebuah engsel sendok bisa menahan beban sampai 5 Kg. Untuk menghitung berat dari daun pintu juga tidak terlalu sulit karena berat beranding lurus dengan dimensi kayu.

Misalkan kayu berbahan dasar plywood 18 mm dengan tinggi 2.1 m dan lebar 0.8 m akan memiliki berat 13.44 (2.1m x 0.8 m x 8 Kg). Maka Anda bisa menggunakan tiga buah engsel sendok pada pintu Anda.

Keamanan

Keamanan merupakan faktor lain yang harus diperhatikan dalam memilih pintu. Pemilihan perumahan kunci yang tepat adalah salah satu usaha dalam membuat pintu Anda lebih aman. Rumah kunci dengan gaya mortise lock merupakan pilihan yang lazim di gunakan. Anda juga bisa menambahkan slot pintu supaya pintu Anda memiliki pengamanan ganda. Pemilihan engsel juga perlu diperhatikan. Engsel pintu juga rawan sekali untuk dibongkar, untuk itu memilih engsel pintu dengan kunci L pengaman adalah pilihan yang bijak.

Nah inilah dia beberapa poin yang perlu Anda perhatikan dalam merencanakan pintu rumah Anda. Gunakan jasa bangun rumah Jogja untuk pembangunan rumah dengan berbagai jenis pintu berkualitas.